Kalian Peserta UTBK 2021? Simak Himbauan LTMPT serta Dokumen yang Harus Dibawa

Kolompendidikan.id – Pendidikan yang paling tinggi saat ini yakni melakukan pendidikan di Perguruan Tinggi. Setelah mereka melakukan pembelajaran di jenjang usia dini, kemudian dasar dan setelah itu pendidikan jenjang menengah, mereka akan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang tinggi. Namun sebelum memasuki ke perguruan tinggi, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa salah satunya ialah tes masuk saat pendaftaran penerimaan mahasiswa baru yang memiliki beberapa jalur tes diantaranya yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Jalur SNMPTN telah berlangsung dan pengumuman juga telah diumumkan secara resmi. Sehingga sekarang dilanjutkan ke jalur selanjutnya, yakni jalur UTBK SBMPTN.

SBMPTN ialah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN ini diadakan serentak oleh seluruh universitas di Indonesia. Jadi saat pendaftaran dan pemilihan program studi yang kalian inginkan, kalian berhak memilih lebih dari 1 universitas. Namun ada syaratnya, jika kalian memang ingin memilih 2 universitas, maka salah satu universitas dari pilihan kalian harus berada satu daerah dengan tempat kalian lulus sekolah. Sedangkan pilihan lainnya, kalian bebas mau milih dimana.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pelaksanaan tes atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 Gelombang 1 hanya tinggal menghitung hari, yakni Senin 12 April 2021 hingga 18 April 2021. Sementara Gelombang 2 akan dilaksanakan 26 – 30 April 2021 dan 01-04 Mei 2021. Buat kamu pejuang UTBK, salah satu strategi penting dalam menyiapkan diri menghadapi UTBK 2021 ialah mempertimbangkan hasil UTBK tahun-tahun sebelumnya di kampus pilihan. Tujuannya ialah sebagai acuan berapa target nilai yang harus kamu kejar di UTBK nanti. Sehingga kamu bisa belajar lebih giat lagi.

Lihat Juga:  Mendikbud Perluas Program Beasiswa LPDP Untuk Mahasiswa S1, Tengok Disini!

Selain daripada itu, ada beberapa hal yang harus kalian siapkan terlebih pada tahun ini pandemi covid-19 masih belum hilang sehingga persiapan yang dipersiapkan haruslah semakin besar dan semakin matang. UTBK tetap dilaksanakan namun protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 harus diterapkan dengan ketat. Para peserta UTBK-SBMPTN pun diminta disiplin menerapkan protokol kesehatan selama mengikuti tes. Hal ini tentu menjadi pekerjaan dan tanggung jawab tersendiri bagi panitia, karena harus mengatur ribuan peserta UTBK-SBMPTN dalam satu waktu. 

“Tidak terasa pelaksanaan UTBK 2021 tinggal menghitung hari. Persiapan yang optimal tentu menjadi faktor penting dalam kesuksesan menjalani tes nantinya. Maka dari itu, yuk simak bersama beberapa tips penting sebelum mengikuti UTBK 2021,” tulis admin akun Instagram resmi LTMPT, Rabu (7/4/2021).

Tips dan Himbauan LTMPT Terhadap Seluruh Peserta UTBK

Selain dari itu, LTMPT juga memberikan Tips dan himbauan agar peserta UTBK SBMPTN 2021 melakukan beberapa hal diantaranya yaitu :

  1. Menjaga kesehatan dan disarankan stay at home!
  2. Wajib mencari informasi lokasi ujian dan syarat mengikuti UTBK melalui laman Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yaitu Pusat UTBK pilihan. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa Pusat UTBK yang tidak memperkenankan peserta untuk melakukan cek lokasi secara langsung.
  3. Jika melihat lokasi gedung yang akan digunakan secara langsung pada H-1, tetap patuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu menggunakan masker dan menjaga jarak!
  4. Buat perkiraan waktu tempuh dari rumah atau penginapan/lokasi asal ke lokasi ujian.
Lihat Juga:  Kriteria Seleksi PPPK untuk Guru Honorer Pada Bulan April

Selain menyampaikan tips dan himbauan bagi para peserta, LTMPT juga menghimbau kepada seluruh peserta untuk mempersiapkan diri dan mempersiapkan seluruh persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan untuk dibawa pada saat hari H, diantaranya yaitu :

Dokumen yang harus dibawa saat UTBK

  1. Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2021.
  2. Fotokopi Ijazah yang telah dilegalisasi bagi Lulusan 2021 dan 2020, atau
  3. Surat keterangan Kelas 12 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah, serta berisi nama siswa, NISN Siswa, NPSN Sekolah dan pasfoto berwarna siswa terbaru (ukuran bebas) bagi angkatan 2021.
  4. Identitas diri lain seperti KTP/ SIM/ Kartu Pelajar.

Persiapan yang perlu dilakukan seluruh Peserta UTBK

Selain dokumen penting, persiapan lain yang perlu dilakukan ialah:

  1. Pastikan untuk sampai di lokasi ujian 45 menit sebelum sesi ujian dimulai dan jangan terlambat.
  2. Berpakaian rapi dan sopan serta bersepatu.
  3. Sudah makan dan minum.
  4. Pastikan menggunakan masker (wajib), face shield (dianjurkan) dan sarung tangan (jika diinginkan).
  5. Dapatkan Informasi resmi seputar seleksi masuk perguruan tinggi negeri hanya melalui media sosial @LTMPTOfficial dan laman ltmpt.ac.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *