Pelajar, Jangan Malas Mencatat, Yuk Tengok Manfaat Mencatat Saat Pelajaran di Kelas

Kolompendidikan.id – Pelajaran merupakan komponen rangkaian pendidikan atau sistem pendidikan yang harus diberikan kepada setiap siswa atau pelajar. Dan bagi para pelajar haruslah bisa untuk menangkap serta memahami pelajaran-pelajaran yang akan diberikan oleh para pendidik.

Dalam sistem pendidikan, mata pelajaran atau mata kuliah akan diberikan oleh pendidik baik itu guru, dosen atau tenaga pendidik yang lainnya di saat ada di dalam kelas. Materi ini yang haruslah diserap dan dipahami oleh setiap pelajar. Bagi siswa yang belum memahami materi yang dijelaskan oleh pendidiknya, maka dia berhak dan diperbolehkan untuk menanyakan hal yang masih dibingungkan agar setelah bertanya, diharapkan pelajar bisa lebih memahami dari materi yang diberikan.

Namun, ada hal yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh setiap pelajar. Bahwa jika saat pelajaran diberikan oleh para pendidik, maka dianjurkan bagi setiap pelajar untuk mencatat materi yang dijelaskan? Mengapa itu diperlukan? Kalian bisa simak informasi dibawah ini. Jika saat di sekolah dan kuliah, pastinya ada siswa ataupun mahasiswa yang rajin atau tidak rajin mencatat di ruang kelas. Pencatatan itu bisa lewat buku tulis ataupun gadget. Lewat keduanya sama penting jika dilakukan. Sebab, bila siswa dan mahasiswa sering mencatat di kelas, ada beberapa manfaat dan keuntungan yang didapat.

Lihat Juga:  Ternyata, Lagu Dapat Mempengaruhi Psikologis dan Perkembangan Anak

Dilansir dari laman Rencanamu.id pada hari Jumat 30 April 2021, ada 8 manfaat atau keuntungan bila siswa dan mahasiswa sering mencatat di kelas. Berikut manfaat yang bisa diperoleh siswa ataupun mahasiswa.

1. Bisa mudah memahami dan mengingat materi

Pada saat mencatat sembari menyimak, bisa membantu siswa ataupun mahasiswa lebih paham dan mengingat materi yang diberikan. Sebab, selain mendengarkan, kamu juga menuliskan hal yang penting ke dalam catatan. Menurut buku berjudul What’s the Use Lectures? (Bligh D), hasil riset menunjukkan siswa yang sering menulis pelajaran di kelas ke dalam catatan bisa menjadi lebih mengingat materi, dibanding bila yang tidak mencatat.

2. Jadi lebih fokus

Mencatat di kelas membuat siswa dan mahasiswa lebih fokus. Sebab, saat mencatat, kamu lebih aktif mendengar dan bergerak (menulis). Dengan begitu, kamu terhindar dari penyakit benging dan ngantuk.

3. Tidak tertinggal materi pelajaran

Jika sudah diberi materi dalam bentuk soft copy atau rangkuman dari dosen ataupun guru, biasanya siswa dan mahasiswa tetap ada yang terlewat. Nah, lewat catatan yang ditulis, kamu bisa menangkap hal tersebut sehingga kamu tidak tertinggal mata pelajaran.

4. Catatan sebagai pendamping buku materi

Kamu yang rajin membuat catatan di kelas bisa menjadi pendamping saat membaca buku materi. Sebab, buku itu tebal dan banyak. Dengan berbekal catatan, kegiatan mencari informasi dari buku pun lebih terarah. Apalagi kalau catatannya lengkap.

Lihat Juga:  Aksi Nyata UGM untuk Mendukung Pendidikan di Indonesia

5. Catatan bisa membuat mudah dan praktis

Mencatat bisa membuat kamu lebih mudah dan praktis, ketimbang harus mendengarkan ulang rekaman penjelasan di kelas. Meski merekam memang jadi salah satu cara favorit yang digunakan pelajar.

6. Membantu saat mempersiapkan ujian

Apabila kamu mencatat di kelas, bisa mempermudah kamu dalam mempersiapkan ujian.

7. Bisa dipelajari bertahun-tahun

Jangan salah, catatan yang kamu kerjakan di kelas bisa digunakan kembali. Meski catatan itu sudah ditulis bertahun-tahun yang lalu.

8. Kemampuan mencatat lebih terasah

Dengan membiasakan mencatat pelajaran di kelas, skill mencatat kamu lebih terasah. Itu artinya akan berguna di dunia kerja. Di mana kamu perlu mencatat hasil rapat, briefing dengan klien, dan lainnya.

Meski banyak manfaat atau keuntungan yang diperoleh siswa maupun mahasiswa saat mencatat di kelas. Tapi, ada juga yang kontra terhadap kegiatan mencatat di kelas. Alasannya, otak jadi cepat melupakan informasi karena merasa udah dicatat saat di kelas. Maka dari itu, siswa dan mahasiswa jangan hanya fokus mencatat semua informasi yang ada di kelas. Namun, simak materi yang diberikan dan catat poin penting dengan bahasamu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *