PPDB SMP 2021 Segera Dibuka, Simak Alurnya Disini

Kolompendidikan.id – Tahun ini sudah memasuki bulan Mei yang tak lama lagi akan berganti menjadi bulan Juni. Seperti yang kita ketahui, pada umumnya setiap tahunnya pada bulan Juli 2021 akan menjadi tahun ajaran baru pada setiap jenjang pendidikan. Namun, karena pandemi covid-19 ini semuanya menjadi membingungkan. Namun, jangan risau dan jangan khawatir wahai para pembaca semuanya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beserta pihaknya Kemendikbud akan selalu berupaya menjadikan pendidikan di Indonesia ini yang terbaik mungkin. Mengambil keputusan yang terbaik yang bisa.

Pada rapat kerja sama yang diadakan bersama Komisi X DPR RI pada hari Kamis 18 Maret 2021, bahwa Menteri Pendidikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengatakan total ada lebih dari 5,5 juta pendidik dan tenaga kependidikan yang menjadi sasaran penyelesaian vaksinasi Covid-19 pada akhir Juni 2021. Menurut dia, vaksinasi akan diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan di seluruh jenjang pendidikan, di satuan pendidikan negeri dan swasta, baik formal mupun nonformal, dan termasuk untuk pendidikan keagamaan dibawah binaan Kementerian Agama. Untuk itu, Kemendikbud dan Kemenag telah menyiapkan data pendidik dan tenaga kependidikan yang dijadikan basis pemberian vaksinasi. Selanjutnya, koordinasi erat dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), serta pemerintah daerah terus dilanjutkan untuk memastikan vaksinasi pendidik dan tenaga kependidikan berjalan dengan sukses dan tepat waktu.

Lihat Juga:  Kuliah di Vokasi Harus Bangga, Kenapa?? Simak Penjelasan Dibawah!

Tak lama lagi akan memasuki tahun ajaran baru 2021/2022. Bagi siswa SD/sederajat yang ingin melanjutkan ke jenjang SMP, maka harus mulai persiapan. Selain itu juga harus paham mengenai proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021. Bagaimana alurnya? Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek pada Senin 10 Mei 2021, ini alur proses PPDB 2021 SMP sesuai dengan Permendikbud No.1 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.

1. Pengumuman pendaftaran

Pengumuman pendaftaran penerimaan calon siswa baru dilakukan secara terbuka oleh pihak sekolah menggunakan media informasi sekolah seperti papan pengumuman atau media lainnya. Untuk pengumuman pendaftarannya dilaksanakan oleh sekolah paling lambat minggu pertama bulan Mei dengan memuat informasi seperti:

  • Persyaratan calon peserta didik sesuai dengan jenjangnya
  • Tanggal pendaftaran
  • Jalur pendaftaran
  • Jumlah daya tampung yang tersedia pada kelas 7 sesuai dengan data rombongan belajar dalam Dapodik
  • Tanggal penetapan pengumuman hasil proses seleksi PPDB 2021

2. Pendaftaran

Untuk tahap pendaftaran dilaksanakan menggunakan mekanisme daring dengan mengunggah dokumen yang dibutuhkan sesuai persyaratan ke laman pendaftaran PPDB yang telah ditentukan (laman PPDB yang dikelola Pemda masing-masing daerah). ika fasilitas jaringan tidak memadai, maka PPDB dilaksanakan melalui mekanisme luring dengan melampirkan fotokopi dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan.

Lihat Juga:  Disdik Jabar Luncurkan Aplikasi Untuk Memudahkan Siswa Dapatkan Ijazah

3. Seleksi sesuai dengan jalur pendaftaran

Calon siswa untuk jenjang SMP berusia paling tinggi 15 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan dan telah telah menyelesaikan kelas 6 SD atau bentuk lain yang sederajat. Seleksi jalur zonasi untuk calon siswa baru kelas 7 SMP dilakukan dengan memprioritaskan jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah dalam wilayah zonasi yang ditetapkan. Jika terdapat calon peserta didik yang jarak tempat tinggal dengan sekolahnya sama, maka seleksi untuk pemenuhan kuota/daya tampung terakhir menggunakan usia peserta didik yang lebih tua berdasarkan akta kelahiran atau surat keterangan lahir.

4. Pengumuman penetapan peserta didik baru

Sedangkan pengumuman penetapan siswa baru dilakukan sesuai dengan jalur pendaftaran dalam PPDB 2021 SMP. Proses penetapan siswa baru dilakukan berdasarkan hasil rapat dewan guru yang dipimpin oleh kepala sekolah dan ditetapkan melalui keputusan kepala sekolah.

5. Daftar ulang

Untuk daftar ulang dilakukan oleh calon siswa baru yang telah diterima di sekolah untuk memastikan statusnya sebagai siswa pada sekolah yang bersangkutan. Tentu dengan menunjukkan dokumen asli yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *