Sekolah Vokasi / Politeknik di Luar Negeri

Kolompendidikan.id – Pendidikan vokasi/politeknik merupakan pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan Diploma yang setara dengan program pendidikan akademik strata 1. Lulusan pendidikan vokasi akan mendapatkan gelar vokasi/gelar ahli madya.

Di Indonesia Vokasi/politeknik sudah sangat banyak peminat, tetapi nampaknya belum banyak orang ketahui mengenai melanjutkan pendidikan vokasi/politeknik di luar negeri. Program vokasi atau politeknik luar negeri punya banyak jurusan yang mengikuti kebutuhan pasar kerja serta kebutuhan hidup masyarakat terkini. 

Berikut adalah jurusan-jurusan politeknik yang berusaha menjawab tantangan kehidupan masa kini. 

1. DESAIN VIDEO GAME

Merupakan salah satu jurusan di jenjang associate’s degree atau setara diploma yang berkembang, salah satunya ada di Camden County College, New Jersey, Amerika serikat.

Program Desain Video Game mempelajari semua aspek tentang gim, di antaranya desain gim, manajemen proyek, musik, pemrograman, dan pemasaran. 

2. AVIONIKA ATAU TEKNIK PENERBANGAN

Avionika atau Teknik Penerbangan sangat disukai karena proppek kerjanya yang cukup tinggi. Siswa akan mempelajari sistem radar, navigasi dan autopilot, serta peralatan penerbangan penting lainnya. 

Beberapa institusi pendidikan di Amerika serikat yang menyediakan program ini di antaranya Vaughn College, Spartan College, Guilford Technical College, Redstone College, dan San Bernardino Valley College

3. ILMU PEMAKAMAN

Lihat Juga:  Modul dan Panduan Belajar Dari Rumah TVRI Rabu, 24 Maret 2021

Bishop State di Alabama menyediakan jurusan Ilmu Pemakaman, yang merupakan campuran dari ilmu pengetahuan, bisnis, dan sosial. 

Program ini mengajarkan layanan pemakaman dan cara mempersiapkan jenazah untuk dimakamkan, menghibur keluarga yang sedang berduka, dan menangani akta kematian dan dokumen penting lainnya. 

4. DESAIN INTERIOR

Harford Community College menyediakan jurusan desain interior untuk jenjang D3. Desain interior mempelajari cara menata furnitur dan barang-barang agar terlihat apik, lalu menyocokkan warna yang satu dengan yang lainnya dan memadukan tekstur yang sesuai. 

5. TEKNOLOGI REKAYASA UTILITAS

Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Utilitas Mekanikal-Elektrikal-Plumbing (Prodi TRU-MEP) adalah Program Sarjana Terapan Multi Disiplin di bawah manajemen Jurusan Teknik Mesin (JTM) di Politeknik Negeri Bali (PNB). 

Lulusannya bisa bekerja di berbagai sektor, di antaranya industri retail, supermarket, perhotelan dan kapal pesiar, rumah sakit, perbankan, perkantoran dan bangunan gedung pemerintahan, perusahaan konsultan, industri pengolahan pangan, perikanan, manufaktur, farmasi, kimia, petrokimia, pertambangan, dan tekstil. 

6. DIPLOMA 4 LOGISTIK PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Diploma 4 logistik perdagangan internasional terhitung sebagai jurusan baru yang berada di Politeknik Batam. Lulusan program ini memiliki kapasitas sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Lulusan juga memiliki kemampuan spesifik dalam bidang supply chain, procurement, warehouse management, project management dan menjadi enterpreneur yang andal.

Lihat Juga:  Kebijakan Ditjen Dikti Mengenai Pelaksanaan Kuliah Tatap Muka di Perguruan Tinggi Indonesia

Jurusan ini juga menyediakan fasilitas yang menunjang mahasiswa. Salah satau hal yang diajarkan di jurusan ini di antaranya merencanakan keuangan, anggaran, dan pembayaran logistik perdagangan internasional.

7. DIPLOMA 4 REKAYASA KEAMANAN SIBER

Politeknik Batam juga memiliki jurusan unik lainnya, yaitu Diploma 4 rekayasa keamanan siber. Visi dari jurusan ini ialah menjadi program studi yang unggul dan berdaya saing dalam bidang keamanan Siber di kawasan Asia Tenggara.

Tidak hanya didukung fasilitas yang menunjang, nantinya mahasiswa juga dididik untuk mampu menerapkan konsep matematika terapan dan dasar rekayasa dalam pelaksanaan keamanan siber dengan mengacu pada standar internasional

8. PRODUKSI TANAMAN HOLTIKULTURA

Jurusan yang ada di Politeknik Negeri Jember ini menawarkan perkuliahan selama 3 tahun atau 6 semester di bidang agribisnis. Mahasiswa akan dididik perihal cara pembibitan yang baik, budidaya, penanganan pascapanen, dan pemasaran tanaman hortikultura untuk tanaman hias, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Jurusan ini juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung mahasiswa, di antaranya laboratorium tanaman, laboratorium tanah, laboratorium tata air, dan laboratorium perlindungan tanaman.

Gimana nih gengs, di luar negeri banyak juga ni jurusan vokasi/politeknik yang menarik dan ounya prospek bagus kedepannya. Semoga informasi ini semakin membuka wawasan dan pilihan kalian untuk melanjutkan pendidikan ya gengs.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *