Universitas Telkom, PTS Pertama yang Torehkan Prestasi Membanggakan

Kolompendidikan.id – Perguruan Tinggi di Indonesia sangatlah banyak. Dan setiap perguruan tinggi akan memiliki keunikannya masing-masing guna membuat hal yang bisa menarik calon-calon mahasiswa baru agar memilih perguruan tinggi tersebut. Semakin unik, keren, dan favorit, maka peminat dan tingkat persaingan di perguruan tinggi tersebut menjadi sangatlah banyak. Namun jika keunikan atau ketenaran dari sebuah perguruan tinggi kurang, maka perguruan tinggi tersebut akan kalah bersaing dengan perguruan tinggi yang lainnya.

Setiap tahunnya, perguruan tinggi akan selalu berusaha untuk memperbaik system-sistem pembelajaran, fasilitas kampus, saran prasarana dan yang lainnya guna agar tidak menjadikan hal yang kurang mengenakkan bagi mahasiswa yang akan melanjutkan studinya di kampus tersebut. Selain itu, setiap tahunnya juga setiap perguruan tinggi akan berusaha membuat inovasi, gebrakan, atau hal-hal yang terbaru yang bisa dimanfaatkan oleh internal kampus atau bahkan bisa dimanfaatkan oleh pihak luar kampus.

Tak hanya perguruan tinggi negeri saja yang dapat memperoleh penghargaan terbaik dari dunia. Namun, perguruan tinggi yang lain termasuk perguruan tinggi swasta, sekolah tinggi, dan yang lainnya tidak mau kalah saing. Salah satunya berasal dari Perguruan Tinggi Swasta yaitu Telkom University. Komitmen Telkom University dalam mencetak generasi unggul untuk kemajuan bangsa Indonesia terus dibuktikan dengan meningkatkan mutu kualitas yang ada di lingkungan kampus. Berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 407/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/2021 tahun 2021, Telkom University meraih akreditasi unggul.

Lihat Juga:  Sekolah Tatap Muka Akan Segera Digelar di Bandung, Begini Persiapannya.

Hal itu menjadikan Telkom University sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama di Indonesia yang meraih akreditasi unggul. Rektor Telkom University, Adiwijaya menyampaikan selamat kepada seluruh sivitas akademika Telkom University atas prestasi yang diraih. Kepercayaan yang diraih ini, kata dia, untuk terus memberikan mutu pendidikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia. “Ini amanah bagi Telkom University sebagai perguruan tinggi yang unggul di Indonesia, kami berkomitmen terus untuk berkontribusi bagi bangsa lewat pendidikan yang berkualitas,” ucap dia melansir laman Telkom University pada Senin 10 Mei 2021.

Adiwijaya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika yang telah mengharumkan nama Telkom University, baik secara nasional dan Internasional. “Terimakasih kepada seluruh sivitas akademika baik mahasiswa, dosen, pegawai dan alumni yang telah bekerja keras dalam mengharumkan nama Telkom University di tengah pandemi Covid-19,” jelas dia.

Dia berharap seluruh sivitas akademika Telkom University diberikan kesehatan, agar bisa terus mencetak generasi yang baik untuk bangsa ini.

Berdasarkan peraturan BAN-PT nomor 1 tahun 2020, tentang mekanisme akreditasi, istilah peringkat akreditasi atau peringkat terakreditasi menjadi unggul, baik sekali dan baik atau tidak terakreditasi, untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi pada PTN dan PTS. Arti dari akreditasi unggul adalah ketika perguruan tinggi memeproleh prestasi yang sangat baik dan melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Lihat Juga:  Meminimalisir Dampak Learning Loss Saat PJJ

Pada saat ini, Telkom University memiliki 37 program studi (Prodi) dari 7 Fakultas. Dari total itu, sebanyak 62,1 persen atau setara 23 Prodi telah mengantongi akreditasi A, salah satunya meraih akreditasi unggul. Sementara 59 persen dari total prodi yang ada atau setara 19 prodi telah terakreditasi internasional, antara lain IABEE, ASIC dan ABEST 21.

Di tahun ini, Telkom University berhasil masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2021 berdasarkan Sustainable Development Goals (SDGs). Telkom University meraih peringkat pertama untuk PTS di Indonesia dan menempati peringkat ke-10 di Indonesia bersanding dengan 9 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sedangkan peringkat dunia, Telkom University menempati peringkat 201-300 dunia.

Besar harapan, perolehan yang membaanggakan ini menjadi motivasi juga untuk perguruan tinggi yang lainnya di Indonesia agar perguruan tinggi di Indonesia semakin banyak yang masuk ke dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di dunia. Selain itu, bagi perguruan tinggi yang sudah berada dalam jajaran pemeringkatan perguruan tinggi terbaik diatas, haruslah tetap selalu membuat inovasi dan selalu memperbaiki seluruh sistem, serta berjuang agar bisa semakin naik dalam pemeringkatan perguruan tinggi terbaik di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *